BATIK SOLO TRANS

  • Posted on: 28 February 2013
  • By: admin
Body: 

Soft launching Batik Solo Trans (BST) dilakukan pada Rabu (1/9) atau H-10 Lebaran 2010 oleh Walikota Solo, Joko Widodo(Jokowi). Delapan unit BST dioperasikan dengan jalur: Terminal Kartosuro – Jl Slamet Riyadi – Palur dan kebali dari Palur – Jl Kapten Mulyadi – Jl Veteran – Jl Slamet Riyadi – Terminal Kartosuro.
Harga Tiket Rp 3000,- dan untuk pelajar Rp 1500,- untuk sementara masih menggunakan pembayaran biasa kedepan akan menggunakan sistem SMART Card yang bisa didapatkan di Shalter-shalter yang telah ada. Guna menambah kenyamanan para penumpang, bus BST ini juga dilengkapi AC (Air Conditioned).
Pada titik tertentu selter BST juga akan dilengkapi dengan fasilitas untuk kaum difabel sehingga akan memudahkan mereka saat akan naik/turun BST. Salah satunya adalah selter BST yang berada di depan Solo Grand Mall (SGM). BST merupakan solusi transportasi umum di Kota Solo yang nyaman, aman, dan tepat waktu.


* PEMBANGUNAN JARINGAN LINK CCROOM DENGAN HALTE DAN BUS PRIORITY



* RUTE BRT (Batik Solo Trans) SURAKARTA

Rute secara spesifik adalah :
RUTE KE TIMUR (BERANGKAT) :
Kleco – Jl. Slamet Riyadi – Jl. Sudirman (Balai kota) – Jl. Urip
Sumoharjo-Jl. Brigjend Sutarto-Jl. Ir. Sutami (UNS)-Palur
Rencana via Shelter/Halte :
Kleco-Farokha-Solo Square-Stasiun Purwosari-RS KasihIbu-Grandmall-Sriwedari-Pasar Pon-Bank Niaga-Balaikota-PasarGede-RSU dr Moewardi-Indomoto-UNS-Palur

RUTE KE BARAT (BALIK)
Palur-Jl.Juanda(Pucangsawit)-Jl.Urip Sumo-
harjo-Jl.Sudirman-Jl.Mayor Sunaryo (Beteng)-
Jl.Kapt Mulyadi(Sangkrah)-Jl.Veteran-
Jl. Bhayangkara-Jl.Dr.Radjiman(Laweyan)-
Perempatan Gendengan-Jl.Slamet Riyadi-
Kleco


" KORIDOR SELTER BST "

Rencana via Shelter/Halte :
Palur-PasarGede-Bank Danamon-RS Kustati-Gading-Koramil Serengan-Baron-Gendengan-Indosat-Solo Square-Kleco


BST TAMPAK DALAM " BATIK SOLO TRANS "

Solo Busway, BRT lokal (Bus Rapid Transit, redaksi) itu akan segera beroperasi. MOU pengoperasiannya bekerjasama dengan Perum DAMRI ditandatangani Walikota Jokowi dan Direktur Perum Twijara Adji tanggal 18/1. Sementara itu bantuan pemerintah pusat berupa 15 unit BRT diserahkan oleh menteri perhubungan Freddy Numberi tanggal 1/2 kemarin. Itu artinya pengoperasian BRT tersebut tinggal menunggu kesiapan shelter atau halte busway yang diharapkan selesai paling lambat bulan Maret ini. Bulan April dipatok Pemkot Surakarta sebagai waktu awal pengoperasian BRT.
keterangan Kepala Dishub Surakarta, Bpk Drs. Yosca Herman Soedrajat, MM. Bahwa walikota Surakarta menerima bantuan 15 unit BRT dari pemerintah pusat sebagai bantuan yang juga diserahkan kepada 5 kabupaten/kota lainnya se Indonesia. Diharapkan 1 pekan setelah penerimaan oleh Jokowi, 15 unit BRT itu akan dibawa ke Solo. Sambil menunggu pembangunan shelter-shelter rampung maka BRT akan di uji coba pengoperasiannya oleh dishub bekerjasama dengan pihak Perum DAMRI.
Ketika ditanya apa nama BRT atau busway lokal tersebut, Kepala Dishub Surakarta mengatakan bahwa BRT itu akan diberi nama Batik Solo Trans. Oke selamat warga Solo atas akan jadinya pengoperasian BRT ini. Semoga segera dapat memecahkan kebutuhan masyarakat Solo akan angkutan murah, cepat dengan pelayanan yang prima.

Section: